BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 31 Oktober 2010

bimbingan karir (motivasi bekerja)




Bekerja dan bekerja , setiap orang yang telah berkeluarga pastilah bekerja untuk memenuhi kehidupan keluargannya. tiada kata menyerah, apapun akan di lakukan untuk membahagiakan keluara, anak istri dan orang tua.

Mungkin sebagian dari anda melakukan pekerjaan dan rutinitas yang sama membuat anda merasa jenuh dan tidak bersemangat lagi untuk berkatifitas.

sebuah motivasi yang membangkitkan gairah mungkin dapat membantu untuk anda yang lagi males beraktivitas dan rutinitas seperti biasa.

Seorang motivator yaang sudah terkenal yaitu " Mario Teguh " mengungkapkan sebuah kata motivasi yang sangat bisa membantu kita semua yang makes terhadap pekerjaan dan rutinitas kita sehari hari. Mungkin tidak akan berguna bagi anda yang tidak mencoba mengerti maknanya dan hanya membacanya sekilas.

Melihat , membaca dan merenungkan adalah salah satu cara mengerti makna yang di ungkapkan nya. " Cintailah pekerjaanmu, karena pekerjaan adalah sarana pemuliaan kehidupanmu " kalau bukan karena pekerjaanmu , lewat manakah engkau mendapat kesejahteraan ?? memang pekerjaan adalah sarana kita dan keluarga untuk mencapai kesejahteraan.

Bekerja dengan tulus untuk keluarga akan memotivasi kita semua dalam beraktivitas seperti biasa. badan letih dan lesu akan bangkit kemabli bila kita mengingat untuk siapa kita bekerja. Dengan ketulusan hati untuk kesejahteraan keluara aku yakin segala sesuatu yang menghadang akan hilang dengan ketabahan kita. Satu lagi ungkapan hati yang ingin saya sampaikan " Jika engkau mencintai keluargamu, engkau akan bekerja dengan tulus " sebuah ungkapan kata mutiara yang saya ambil dari sang motivator mario teguh yang selalu menjadi inspirasi saya, Pekerjaan itu indah kawan :)



MOTIVASI BEKERJA

1. Jalani pekerjaan anda dengan tekun dan sabar
Orang bilang, majikan baru percaya pada anda setelah anda mampu mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepada anda, meski pekerjaan itu kecil dan remeh. Tapi itu modal dasar untuk meraih kepercayaannya dan investasi untuk menuju puncak


2. Belajar selama bekerja
Selama bekerja, anda harus banyak belajar dari bidang anda. Pengetahuan dan pengalaman adalah investasi jangka panjang. Jangan sampai setelah anda bekerja lama, anda tidak tahu apa-apa. Anda harus banyak bertanya pada orang yang lebih berpengalaman dan mempunyai pengalaman luas. Saya sarankan anda bergabung dengan komunitas / kelompok / club/ forum dimana anda dapat mengembangkan diri (lihat kebawa : contoh club/forum yang bisa anda ikuti).

3. Pindahlah bila karir anda mentok
Angka 3 atau 4 tahun adalah angka dimana biasanya karir sesorang naik 1 atau 2 tingkat. Lebih dari itu berarti ada yang tidak beres dengan perusahaan. Karir bisa dibagi menjadi pangkat, jabatan dan golongan

4. Bila anda bosan dan ingin pindah kerja, maka bertahanlah minimal 2 tahun
Angka 2 tahun adalah angka minimal, anda akan dianggap berpengalaman bila mempunyai pengalaman kerja minimal 2 atau
3 tahun, dibawa angka itu anda dianggap belum berpengalaman.

Yang terpenting dari semua itu, anda harus menciptakan nilai tambah bagi diri sendiri atau orang lain shg impian anda akan cepat terwujud. Semakin banyak anda memberi maka semakin banyak pula anda menerima.





Awas Bahaya Kehilangan Motivasi Kerja

Kedengaranya sepele tetapi jelas bahwa kehilangan Motivasi Kerja dalam arti yang lias bisa sangat fatal akibatnya terutama jika kehilangan motivasi kerja tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, plus belum punya cukup cadangan atau katakanlah pasif income untuk menyambung kehidupan finansial sehari-hari. Bagaimana tidak berbahaya, hilangnya motivasi kerja akan menyebabkan prestasi kerja yang menurun bahkan dalam keadaan parah bisa-bisa malah tau mau kerja lagi dan akhirnya hanya bergantung pada orang lain.

Kalau sudah punya cadangan banyak uang atau tempat bergantung misalnya orang tua yang mampu maka itu tidak terlalu masalah. Namun jika yang kehilangan motivasi kerja tersebut justru kepala rumah tangga yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Kehilangan motivasi kerja bisa menyebabkan dipecat dari kantor. Kepala keluarganya tidur-tiduran saja, bermimpi dapat lotere tetapi tak dapat-dapat, istri mulai berhutang di warung dan semakin hari semakin banyak akhirnya tidak boleh ngutang lagi. Maka jelas pada akhirnya anggota keluarga tersebut bisa tidak makan nanti. Ayo, Berbahaya apa tidak?
Yes, jika karena terpaksa lalu kemudian mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan sumber penghasilan misalnya menjadi pencuri maka itu namanya motivasi kerja sudah muncul lagi. Mencuri kan juga kerja walaupun memang tidak terpuji. hehe..
Jadi sebaiknya jika terasa malas-malas lebih dari 3 hari misalnya, maka waspadailah dan ambillah langkah-langkah yang diperlukan untuk terbebas dari masalah tersebut, agar tidak berlarut-larut dan menimbulakan masalah yang lebih besar lagi di kemudian hari. Agar tidak kehilangan motivasi kerja, saya sering menulis artikel motivasi seperti ini sehingga bisa membantu mengingatkan bahayanya dan dengan sering ingat akan lebih mungkin untuk mengantisipasinya.


5 Motivasi kerja yang membuat orang jepang SUKES

Kita tahu jepang menjadi salah negara sukses di asia dan dunia. Pada artikel kali ini bintang akan membahas motivasi kerja apa saja sih yang membuat kebanyakan orang disana sukses.Mungkin banyak faktor yang membuat semua itu terjadi.
Tapi bintang sendiri yakin motivasi dibawah inilah, yang membuat kebanyakan masyarakat jepang hidup makmur seperti sekarang ini :
1. Kerja Keras
Tentu ini motivasi yang patus kita contoh! Sama seperti kebanyakan orang-orang di Asia Timur. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya.
Kata mutiara motivasi : Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada adalah kita kurang bekerja keras.
2. Pantang Menyerah
Masyarakat jepang untuk ini benar-benar membuktikannya. Dulu mereka setelah porak-poranda akbiat perang dunia ke II. Hanya membutuhkan waktu tidak lama untuk menjadi salah satu pusat ekonomi dunia.
Pesan Motivasi : Menyerahlah jika peluang benar-benar sudah habis. Tapi selagi masih ada satu harapan, Raihlah dengan kerja keras dan anda pasti SUKSES.
3. Menjaga Kehormatan
Jika kamu sering melihat film atau mungkin mengikuti artikel berita di TV, sesekali pasti mendengar istilah Harakiri yaitu bunuh diri dengan menusukkan pedang ke perut. Itu dilakukan oleh masyarakat disana karena mereka tahu malu.
Masih ingat Menteri Kesehatan Jepang yang mengundurkan diri karena melakukan kesalahan. Atau pejabat yang akhirnya bunuh diri karena telah melakukan korupsi. Atau  pelajar yang bunuh diri karena nilainya jelek. Dan menjadikan orang jepang menjadi nomer satu dalam kasus bunuh diri.
Tapi ingat BAIK-BAIK artikel ini tidak memerintahkan anda bunuh diri jika membuat orang lain susah. Pesan Motivasi yang bisa kita raih adalah “Tahu Malulah”, dan kemudian intropeksi diri berbuat lebih baik lagi
4. Rajin Membaca
Membaca seperti menjadi sebuah budaya di Jepang. Bukanlah hal yang aneh melihat orang bejalan sambil membaca.Atau saat anda masuk ke kereta listrik, disana bisa dilihat banyak orang yang membaca.
Banyak-banyaklah membaca artikel, apalagi sekarang sudah zaman internet anda bisa mendapatkan artikel tentang berbagai hal mulai dari komputer, motivasi, sejarah, ekonomi dsb. Karena dengan lebih banyak mengetahui informasi dibanding lawan, anda sudah lebih dekat ke tujuan.
5. Menjaga Tradisi
Motivasi yang ini patut kita contoh. Mengapa? bayangkan saja dengan kemajuan tekhnologi dan ekonomi. Mereka tetap tidak meninggalkan tradisi. Bahkan bintang pernah menonton berita yang memperlihatkan “Laptop dikasih jampi-jampi supaya tidak terkena masalah”.
Entah sekarang anda saat ini kerja atau sedang belajar. Gunakanlah artikel sukses dari orang jepang diatas untuk dijadikan motivasi. Kobarkan SEMANGAT anda, karena sukses adalah HAK setiap orang bagi yang mau menerimanya.


0 komentar: