BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 31 Oktober 2010

bimbingan karir (mengenali bakat dan minat untuk menentukan karir)


Mengenali Bakat dan Minat untuk Menentukan Karier

Belajar ataupun bekerja pada bidang yang diminati terlebih lagi didukung dengan bakat serta talenta yang sesuai ,akan membawa gairah dan memberi kenikmatan dalam mempelajari atau menjalaninya.sayangnya sering kali remaja memilih suatu jurusan atau bidang studi karena terbawa dan ikut teman-temannya,atau memilih memilih bidang yang lebih popular,tanpa sempat mencerna terlebih dahulu dan memahami bidang yang akan dipelajari,menjadi apa setelah selesai sekolah ataupun lebih jauh lagi mengenali bidang pekerjaan seperti apa yang bias digelutinya sesuai dengan latar belakang pendidikannya tersebut.
Mengembangkan minat dan bakat bertujuan agar seseorang belajar atau dikemudian hari bisa bekerja dibidang yang diminatinya dan sesuai minat dan bakat yang dimilikinya sehingga mereka bisa mengembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dengan penuh antusias.

Pengertian Bakat
Bakat(aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan,pengetahuan dan keterampilan khusus,misalnya kemampuan berbahasa,bermain musik,melukis, dan lain-lain.
Bakat bukanlah merupakan trait atau sifat tunggal,melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. Misalnya pada bakat musik terdapat kemampuan membedakan nada,kepekaan akan keserasian suara, kepekaan irama dan nada.
Bakat baru muncul atau teraktualisasi bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan,sehingga mungkin saja terjadi seseorang tidak mengetahui dan tidak mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.

Pengertian Minat
Menurut John holand pengertian minat sebagai aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indicator dari kekuatan seseorang di area tertentu dimana ia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkkan kinerja yang tinggi.
Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat untuk hal tersebut atau hal yang berkaitan dengan bidang yang akan ditekuni.

Tes bakat
Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tetentu, untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau perkerjaan.
Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai bebagai bidang kemampuan dan minat seseorang. Hasil tes bakat tidak dapat menentukan dengan mutlak pekerjaan atau karir apa yang harus dijalani, juga tidak untuk menjawab pertanyaan yang sangat khusus, mislanya “Apakah saya dapat menjadi seorang sekretaris?”

Mengembangkan minat dan bakat remaja
Dalam mengembangkan kompetensinya remaja tetap membutuhkan bimbingan n kehidupan redari orang tua dan lingkungan rumah maupun sekolah.
Beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua dan lingkungan dekat anak untuk mengembangkan minat dan bakat adalah:
1. Sejak usia dini berbagai kelebihan,keterampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak.
2. Bantu anak menyakini dan focus pada kelebihan dirinya
3. Kembangkan konsep positif pada anak
4. perkaya anak dengan berbagai wawasan,pengetahuan serta pengalaman diberbagai bidang
5. Tingkatkan motivasi anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya
6. Berikan penghargaan dan pujian untuk setiap usaha yang dilakukan anak
7. Sediakan dan fasilitasi sarana bagi pengembangan bakat
8. Dukung anak untuk mengatasi berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengembangkan bakatnya
9. Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua /guru dengan anak & remaja
10. Stimulasi anak untuk meluaskan kemampuannya dari satu bakat kebakat yang lain.

Hal-Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Remaja
·         Mengikuti minat teman
Usia remaja adalah masa perkembangan yang ditandai dengan solidaritas tinggi terhadap teman-teman sebayanya.Remaja yang kurang memahami siapa dirinya,memiliki kebutuhan yang besar untuk berada dan diakui dalam kelompoknya.Untuk memilih bidang-bidang yang akan dikembangkan,remaja perlu diskusi,mencari masukan dan bertukar pikiran dengan orang tuanya.
·         Penelusuran minat & bakat secara dangkal
Memperhatikan kelebihan dan minat anak membutuhkan usaha yang serius dan berkesinambungan .penulusuran dan penjajakan yang dangkal dapat menyesatkan
Dengan mengembangkan minat dan bakat serta memberikan bimbingan karir sejak dini,remaja akan semakin menyadari mengenai apa yang ia suka dan mampu lakukan,dan akan menjadi lebih jelas pendidikan atau pekerjaan apa yang mungkin akan ditekuninya diserta dengan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahanya,sehingga ia bisa menekuni pilihanyang tepat dan menyiapkan diri untuk menggapai impiannya .


0 komentar: