BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 31 Oktober 2010

bimbingan belajar (cara efektif membaca buku teks)


CARA EFEKTIF MEMBACA BUKU TEKS DENGAN TEKNIK “SQRT”


Membaca buku teks merupakan bagian yang penting dalam proses belajar. Membaca buku teks tidak sama dengan membaca novel apalagi komik (jauh banget donk..). Kita ga bisa langsung ngerti begitu aja isi bukunya, tapi kita juga ga mesti baca keseluruhan isi buku buat bisa ngertiin.

Ada banyak metode membaca, metode ini merupakan hasil riset dari para ilmuwan tentang cara membaca yang efektif.  Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satunya yakni metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Metoda SQ3R memberikan strategi yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang bahan yang dipelajari, menumbuhkan pertanyaan dari judul/subjudul suatu bab dan dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan.

Metode ini memang bukan yang paling cepat untuk memahami suatu bab dalam buku, namun keunggulannya yaitu tingkat pemahaman yang akan temen2 peroleh diharapkan akan lebih mendalam karena kita membaca dengan aktif sehingga proses membaca lebih efektif & efisien.

Ada lima tahapan proses dalam membaca dengan metode SQ3R ini, yaitu :
1.      Survey atau meninjau
2.      Question atau bertanya
3.      Read atau membaca
4.      Recite atau menuturkan
5.      Review atau mengulang




1. Survey (Meninjau)
Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
Baca Judul
Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan
Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab
Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram
Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat bantu baca
Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2. Question (bertanya)
Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.

Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.

3. Read (Membaca)
Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.
Ingat, Jangan Membaca di Tempat Tidur !!

4. Recite (Menuturkan)
Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan  melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab. Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.

5. Review (Mengulang)
Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.

Ingat...!!!!
Cepat Bukan Segalanya..,
Memang ada beberapa metode yang memungkinkan kita meningkatkan kecepatan membaca. Ide bahwa buku yang sangat tebal beratus – ratus halaman itu dapat dilahap dalam waktu singkat memang sangat menggoda kita. Namun, perlu kita sadari bahwa kecepatan membaca salah satunya bergantung pada jenis bacaan. Dan yang tidak kalah pentingnya, pastikan waktu belajar kita memang cukup sehingga tidak ada tekanan untuk cepat – cepat menghabiskan membaca suatu buku. 


Selamat Mencoba …..^_^…..

0 komentar: